Mengajak Kepada Yang Baik Dan Mencegah Yang Munkar Disebut

Mengajak Kepada Yang Baik Dan Mencegah Yang Munkar Disebut. Sufyan bin ‘uyainah berkata : Amar ma'ruf nahi munkar, mengajak hal yang baik dan mencegah hal yang buruk. Amar makruf (mengajak kepada kebaikan) dan nahi munkar (mencegah kemungkaran) merupakan sarana penting dalam kehidupan sosial keagamaan. Ciri pertamanya adalah berbuat baik terhadap sesama.

Amar ma’ruf nahi munkar, yakni menyuruh kepada kebaikan dan melarang dari kemungkaran berasal dari dalil yang terdapat di dalam al qur’an surah ali imran ayat 104. Berilmu, karena masyarakat umumnya belum mengerti mana yang ma’ruf dan mana yang munkar. Amar ma'ruf nahi munkar, yakni mengajak pada kebaikan dan mencegah kemungkaran, merupakan bagian dari ajaran agama islam.

Dakwah secara harfiyah artinya ajakan atau seruan, yaitu ajakan ke jalan tuhan (allah swt).

Berbuat baik kepada sesama dan mencegah dari perbuatan yang melanggar perintah allah ta’ala. Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; Berilmu, karena masyarakat umumnya belum mengerti mana yang ma’ruf dan mana yang munkar.

Dan Hendaklah Ada Di Antara Kamu Segolongan Umat Yang Menyeru Kepada Kebajikan, Menyuruh Kepada Yang Ma’ruf Dan Mencegah Dari Yang Munkar;

Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar berlandaskan kepada dua sumber utama hukum islam yaitu al qur’an dan sunnah sedangkan sumber yang lainnya. Segala perintah allah atau yang dianggap baik oleh syara' dan akal, sedangkan munkar adalah segala yang dilarang allah atau yang dianggap buruk oleh syara' dan akal. Dijelaskan bahwasanya shalat lah yang mencegah dari perbuatan keji dan munkar, dapat diartikan bahwa shalat lah yang menjadi benteng atau tameng atau penasihat.

Ciri Pertamanya Adalah Berbuat Baik Terhadap Sesama.

Kesimpulan dari Mengajak Kepada Yang Baik Dan Mencegah Yang Munkar Disebut.

Berbuat baik kepada sesama dan mencegah dari perbuatan yang melanggar perintah allah ta’ala. “dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang mengajak kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar. Sufyan bin ‘uyainah berkata :