Pengertian Sengketa Tanah

Pengertian Sengketa Tanah. Sengketa batas yaitu perbedaan pendapat, nilai kepentingan mengenai letak, batas dan luas bidang tanah yang diakui satu pihak yang telah ditetapkan oleh badan pertanahan nasional. Faktor pendorong (penyebab) sengketa lahan 3. Menurut rusmadi murad, pengertian sengeketa tanah atau dapat juga dikatakan sebagai sengketa hak atas tanah, yaitu : Secara makro penyebab munculnya kasus.

Pihak yang terlibat dalam proses penyelesaian konflik tersebut. Menurut rusmadi murad, pengertian sengeketa tanah atau dapat juga dikatakan sebagai sengketa hak atas tanah, yaitu : Cikini raya no.9, menteng, jakarta pusat 10330

Tapi memang sering terjadi sengketa tentang sertifikat hak atas tanah disidangkan di pengadilan negeri.

Pengertian sengketa tanah adalah perselisihan pertanahan yang terjadi diantara perseorangan, badan hukum atau lembaga hukum yang tidak memberikan dampak luas. Masalah sengketa tanah sepertinya bukan hal yang asing lagi di telinga kita sebab ini merupakan satu dari sekian. Menurut rahmadi (2011:8), terdapat enam teori penyebab terjadinya sengketa di masyarakat, yaitu:

Faktor Pendorong (Penyebab) Sengketa Lahan 3.

Jika kasus yang dimiliki masih tergolong sengketa tanah, maka kasus tersebut dapat diselesaikan tanpa persidangan. Timbulnya sengketa hukum yang bermula dari pengaduan. Keterbatasan sumber daya manusia yang bertugas menyelesaikan sengketa tanah baik di pengadilan negeri ataupun pengadilan tata usaha negara, sehingga sebuah kasus.

Menurut Rusmadi Murad, Pengertian Sengeketa Tanah Atau Dapat Juga Dikatakan Sebagai Sengketa Hak Atas Tanah, Yaitu :

Sengketa batas, yaitu perbedaan pendapat, nilai kepentingan mengenai letak, batas dan luas bidang tanah yang diakui satu pihak yang telah ditetapkan oleh badan pertanahan.

Kesimpulan dari Pengertian Sengketa Tanah.

Menurut rusmadi murad, pengertian sengeketa tanah atau dapat juga dikatakan sebagai sengketa hak atas tanah, yaitu :